Wednesday, March 16, 2011

Wasit asal Malaysia Shokri Bin Nur Pimpin Persib vs Persija

Wasit asal Malaysia Shokri Bin Nur Pimpin Persib vs Persija - Wasit asal Malaysia Shokri Bin Nur akan memimpin pertandingan PERSIB melawan Persija Jakarta, pada Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011, di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (18/3). Untuk asisten wasit/hakim gasris akan menggunakan wasit dari Indonesia. Menurut Bambang Irianto selaku ketua komisi wasit PSSI, penggunaan wasit asing di LSI adalah sebuah inovasi PSSI untuk lebih menyegarkan serta sebagai ajang bertukar ilmu dan pengalaman wasit-wasit yang berada di bawah naungan Asia Football Confederation (AFC). Sampai saat ini, baru wasit dari negara Malaysia yang bisa bekerja sama untuk memimpin pertandingan di Indonesia pada kelas kompetisi LSI. Bambang menjelaskan penunjukan wasit itu sendiri adalah kebijakan dari AFC, karena untuk saat ini belum semua negara yang tergabung dalam AFC bisa memberikan wasitnya unuk memimpin pertandingan di negara lain terkait banyaknya kompetisi yang digelar oleh AFC.

"Pemilihan serta penugasan wasit itu adalah keputusan dari AFC. Kita selaku penyelenggara dari Indonesia hanya memberikan pengajuan saja. Siapapun dan dari manapun wasit yang ditunjuk itu atas kehendak AFC. Memang sampai saat ini baru Malaysia yang bisa bekerjasama dengan kita, padahal banyak wasit-wasit dari negara tetangga seperti Singapura, Hongkong, Cina dll. yang memiliki kualitas wasit yang bagus. Namun penugasan tersebut bersinggungan dengan banyaknya kompetisi yang digelar oleh AFC seperti AFC U-19, AFC championship dll. yang membuat AFC masih harus mengkoordinasikan serta mengalokasikan wasit-wasit yang ada," ujar Bambang.

Untuk mekanisme protes Bambang menilai tidak ada kendala dalam bahasa karena menurutnya bahasa bola itu adalah bahasa universal. Jika memang terjadi konfrontasi secara verbal dalam hal ini protes, Bambang mengharapkan para pemain terutama yang memiliki kewenangan yaitu kapten bisa melakukan protes dengan bahasa yang universal yaitu bahasa Inggris agar terjadi kesepahaman pada semua pihak. "Wasit sudah mengerti bagaimana para pemain itu marah, kesal, kecewa bahkan melakukan protes terhadap wasit. Namun akan lebih bagus dan terjadi kesepahaman, dianjurkan untuk kapten tim melakukan protes menggunakan bahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment