Tuesday, March 8, 2011

16 Besar Liga Champions Preview Barcelona vs Arsenal

16 Besar Liga Champions Preview Barcelona vs Arsenal - Berkaca dari sejarah, tentu bukan hal yang sulit bagi Barcelona mengalahkan wakil dari Inggris itu. Sebelum kekalahan 1-2 di kandang Arsenal, di perempat final musim lalu Barca sempat menggasak Arsenal 4-1 di leg kedua untuk menembus semifinal dengan agregat 6-3.
Arsenal sendiri punya catatan manis di Liga Champions. Dari 15 pertandingan di Eropa yang mereka menangi di leg pertama, 14 kali mereka memenangi agregat dan lolos ke babak berikutnya.
Meski demikian, fans Arsenal jangan bersenang dulu. Satu-satunya kegagalan mereka justru saat melawan tim La Liga, Valencia. Mereka sempat unggul dengan skor yang sama seperti kali ini, 2-1, di kandang sendiri, namun tumbang 0-1 di Mestalla. Tinggal bagian sejarah yang mana yang akan diulang sang takdir.
Salah satu keuntungan Arsenal adalah kondisi lini belakang Blaugrana. Dua bek tengah utama Carles Puyol dan Gerard Pique tidak bisa tampil karena cedera. Sebagai alternatif, pelatih Josep Guardiola kemungkinan akan menduetkan Gabriel Milito dengan Eric Abidal, yang digeser dari posisi utamanya di sektor kiri.
Kondisi fisik The Gunners sendiri cukup bagus. Mereka bisa menurunkan pemain kuncinya, termasuk wonderkid Jack Wilshere, Gael Clichy, Cesc Fabregas, Robin van Persie dan Nicklas Bendtner. Sayang, kondisi fisik tersebut tidak diikuti kondisi mental yang cemerlang.
Penyelesaian akhir harus dibenahi. Pada pertandingan terakhir Liga Primer Inggris menjamu Sunderland, Arsenal gagal mencetak gol dan laga pun berakhir imbang, meski boleh dibilang The Gunners mendominasi pertandingan dari awal hingga akhir.
Arsenal memiliki kecepatan dan karakter yang agresif. Serangan balik mereka sangat cepat dan langsung menembus jantung pertahanan, hal ini diakui langsung oleh Guardiola. Namun semua itu tidak ada artinya jika Van Persie dkk tak bisa menyelesaikannya dengan sempurna.
Koordinasi lini belakang akan menjadi fokus pelatih Arsene Wenger, jika tak ingin diobrak-abrik trio Lionel Messi, David Villa dan Pedro, yang mendapat sokongan dari duet gelandang kreatif Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Apalagi Arsenal hanya butuh hasil imbang untuk merebut tiket ke babak selanjutnya.
Sebaliknya, bermain di kandang sendiri akan membuat Messi, Villa dan Pedro tampil tenang dan penuh semangat. Namun mereka harus waspada terhadap serangan balik The Gunners.
Mental juara akan menjadi penentu pertandingan kali ini. Jika Arsenal mampu tetap tenang membaca pergerakan lini tengah dan depan Barcelona, seperti yang mereka tunjukkan saat di Stadion Emirates, hasil minimal imbang bisa mereka bawa pulang.
Namun jika gemuruh 80 ribu penonton di Camp Nou memecah konsentrasi Fabregas dkk, The Gunners akan menjadi santapan empuk di kandang macan.

Prakiraan Pemain:
Barcelona (4-3-3): Victor Valdes; Dani Alves, Gabriel Milito, Eric Abidal, Andrade Maxwell; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, David Villa, Pedro Rodriguez.
Arsenal (4-5-1): WojciechSzczesny; Bacary Sagna, Laurent Koscielny, Djohan Djourou, Gael Clichy; Abou Diaby, Jack Wilshere; Samir Nasri, Cesc Fabregas, Andrey Arshavin; Robin van Persie.

No comments:

Post a Comment