Sunday, January 16, 2011

Tim Nasional Dapat Kucuran dana Rp 50 Miliar

Tim Nasional Dapat Kucuran dana Rp 50 Miliar - Pemerintah kembali mengucurkan dana segar sebesar Rp. 50 miliar untuk membiayai rangkaian agenda besar tim nasional sepak bola selama 2011. Tim Merah Putih diagendakan akan melakoni tiga laga penting, yaitu pra-Olimpiade, SEA Games, dan pra-Piala Dunia. Anggota Komisi X DPRRI, Angelina Sondakh, memastikan dana tersebut telah tersedia. "Anggaran itu sudah ada di Depkeu (Departemen Keuangan) dan bisa digunakan atas sepengetahuan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga). Soal mekanisme pencairannya diserahkan kepada PSSI dan Menpora," kata Angelina saat ditemui di lapangan tim nasional, Senayan, Jakarta, Ahad (16/1).

Sebenarnya, kata Angelina, proyeksi anggaran yang diajukan PSSI sebesar Rp. 100 miliar (untuk 2010 dan 2011), namun tidak semuanya turun. Untuk Piala AFF 2010 kemarin, tim nasional telah mendapat kucuran dana Rp. 20 miliar. Sisanya masih Rp. 80 miliar. Namun, akhirnya yang disetujui untuk dikucurkan lagi hanya Rp. 50 miliar.

“Dana ini merupakan apresiasi pemerintah demi kepentingan tim nasional. Yang saya tahu, penggunaannya untuk kegiatan operasional seperti agenda try out (uji coba) dan friendly match (persahabatan),” kata Anggie, sapaan akrab Angelina.

Namun, dana yang dikucurkan pemerintah tersebut ternyata belum mencukupi kebutuhan tim nasional. Manajer tim nasional untuk Pra-Olimpiade sekaligus SEA Games 2011, Adjie Massaid, mengaku masih kurang.

“Kami merasa, dana 5 juta dolar ini belum menutupi kebutuhan tim nasional. Untuk gaji pemain, pelatih serta ofisial tim, ditambah sewa lapangan serta hotel, dan bujet untuk Training Camp (TC), dana sebesar itu tak cukup. Ini hitungan matematis selama 2011,” kata suami Angelina ini.

Untuk bisa menambal kekurangan, Adjie berencana akan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak, termasuk dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). "Bagaimana nantinya, kami masih diskusi dengan badan Tim Nasional (BTN)," katanya.

Para pemain tim nasional Pra-Olimpiade akan diumumkan Senin (17/1). Sebanyak 25 pemain ini nantinya akan langsung menjalani pelatihan bersama mulai 24 Januari nanti. Dari 25 pemain itu akan diambil 18-20 pemain untuk menghadapi Turkministan dalam laga kandang (23 Februari) dan tandang (9 Maret).

Dari pemain Pra Olimpiade, akan dipilih 10-11 pemain terbaik untuk bergabung dengan skuad tim SEA Games 2011. Tim skuad SEA Games itulah yang nantinya akan dibawa ke Austria untuk menjalani training camp selama kurang lebih tiga bulan (Maret-Mei)

No comments:

Post a Comment